MAKALAH EKONOMI
DISUSUN OLEH:
>AHMAD AJI SANTOSO >RANTI GEOTALIA
>CITRA ANGRAINI >SITI
SAFARIATUN
>DEPI ANTORO >UKAD WAHYUDI
X2
SMA N 2 KOTABUMI
TP.2013/2014
Kata pengantar
Marilah kita
panjatkan puji syukur kepada ALLAH SWT atas segala nikmat dan karunia yang dilimpahkan
sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan sempurna.
Makalah ini di susun agar siswa dapat
mengetahaui pembelajaran ekonomi khususnya dalam BAB per-BANKAN.
Penyajian materi ini di desain
agar memperkuat pamahaman konsep pembelajaran khususnya dalam pelajaran ekonomi
di BAB per-BANKAN.
Kami
menyadari bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna,oleh karena itu kami
mengharapkan kritik dan sarannya.Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat
bagi pembaca.
i
Daftar Isi
KATA PENGANTAR...........................................................................................i
BAB (I)
PENDAHULUAN
SEJARAH BANK
I. BANK MANDIRI.....................................................................................1
II. BANK DANAMON..................................................................................3
III. BANK BRI..............................................................................................5
BAB(II)
HASIL PENGAMATAN
I. BANK MANDIR.....................................................................................7
II. BANK DANAMON.................................................................................8
III. BANK BRI..............................................................................................9
BAB (III)
ANALISIS BROSUR
I. BANK
MANDIRI...................................................................................10
II. BANK
DANAMON................................................................................12
III. BANK BRI............................................................................................14
BAB (IV)
KESIMPULAN................................................................................................16
PENUTUP......................................................................................................17
ii
BAB (I)
PENDAHULUAN
I. SEJARAH BANK MANDIRI
Bank Mandiri
berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi
perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999,
empat bank milik Pemerintah yaitu, Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara,
Bank
Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia,
bergabung menjadi Bank Mandiri.
Bank Dagang Negara
merupakan salah satu Bank tertua di Indonesia. Sebelumnya Bank Dagang Negara
dikenal sebagai Nederlandsch Indische Escompto Maatschappij yang
didirikan di Batavia (Jakarta) pada tahun 1857. Pada tahun 1949 namanya berubah
menjadi Escomptobank NV. Selanjutnya, pada tahun 1960 Escomptobank
dinasionalisasi dan berubah nama menjadi Bank Dagang Negara, sebuah Bank
pemerintah ynag membiayai sektor industri dan pertambangan.
Bank Bumi Daya
didirikan melalui suatu proses panjang yang bermula dari nasionalisasi
sebuah perusahaan Belanda De Nationale Handelsbank NV, menjadi Bank Umum Negara
pada tahun 1959. Pada tahun 1964, Chartered Bank (sebelumnya adalah Bank milik
Inggris) juga dinasionalisasi, dan Bank Umum Negara diberi hak untuk
melanjutkan operasi Bank tersebut. Pada tahun 1965, bank umum negara
digabungkan ke dalam Bank Negara Indonesia dan berganti nama menjadi Bank
Negara Indonesia Unit IV beralih menjadi Bank Bumi Daya.
1
Sejarah Bank Ekspor Impor Indonesia
(Bank Exim) berawal dari perusahaan dagang Belanda N.V.Nederlansche Handels
Maatschappij yang didirikan pada tahun 1842 dan mengembangkan kegiatannya di
sektor perbankan pada tahun 1870. Pemerintah Indonesia menasionalisasi perusahaan ini pada tahun 1960,
dan selanjutnya pada tahun 1965 perusahan ini digabung dengan Bank Negara
Indonesia menjadi Bank Negara Indonesia Unit II. Pada tahun 1968 Bank
Negara Indonsia Unit II dipecah menjadi dua unit, salah satunya adalah Bank
Negara Indonesia Unit II Divisi Expor – Impor, yang akhirnya menjadi BankExim,
bank Pemerintah yang membiayai kegiatan ekspor dan impor.
Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) berawal dari Bank Industri Negara
(BIN), sebuah Bank Industri yang didirikan pada tahun1951. Misi Bank Industri
Negara adalah mendukung pengembangan sektor – sektor ekonomi tertentu,
khususnya perkebunan, industri, dan pertambangan. Bapindo dibentuk sebagai bank
milik negara pada tahun 1960 dan BIN kemudian digabung dengan Bank Bapindo.
Pada tahun 1970, Bapindo ditugaskan untuk membantu pembangunan nasional melalui
pembiayaan jangka menengah dan jangka panjang pada sektor manufaktur,
transportasi dan pariwisata.
Kini, Bank Mandiri menjadi penerus suatu
tradisi layanan jasa perbankan dan keuangan yang telah berpengalaman selama
lebih dari 140 tahun. Masing-masing dari empat Bank bergabung memainkan peranan
yang penting dalam pembangunan Ekonomi.
2
II. SEJARAH BANK DANAMON
Danamon didirikan pada tahun 1956 sebagai Bank Kopra Indonesia. Di
tahun 1976 nama tersebut kemudian diubah menjadi PT Bank Danamon Indonesia. Di
tahun 1988, Danamon menjadi bank devisa dan setahun kemudian mencatatkan diri
sebagai perusahaan publik di Bursa Efek Jakarta.
Sebagai akibat dari krisis keuangan Asia di tahun 1998, pengelolaan
Danamon dialihkan di bawah pengawasan Badan Penyehatan Perbankan Nasional
(BPPN) sebagai BTO (Bank Taken Over). Di tahun 1999, Pemerintah Indonesia
melalui BPPN, melakukan rekapitalisasi sebesar Rp32,2 triliun dalam bentuk
obligasi pemerintah. Sebagai bagian dari program restrukturisasi, di tahun yang
sama PT Bank PDFCI, sebuah BTO yang lain, dilebur menjadi bagian dari Danamon.
Kemudian di tahun 2000, delapan BTO lainnya (Bank Tiara, PT Bank Duta Tbk, PT
Bank Rama Tbk, PT Bank Tamara Tbk, PT Bank Nusa Nasional Tbk, PT Bank Pos
Nusantara, PT Jayabank International dan PT Bank Risjad Salim Internasional)
dilebur ke dalam Danamon. Sebagai bagian dari paket merger tersebut, Danamon
menerima program rekapitalisasinya yang kedua dari Pemerintah melalui injeksi
modal sebesar Rp28,9 triliun. Sebagai surviving entity, Danamon bangkit menjadi
salah satu bank swasta terbesar di Indonesia.
Selanjutnya, Danamon terus melakukan upaya restrukturisasi yang
mencakup aspek manajemen, karyawan, organisasi, sistem, dan identitas
perusahaan. Upaya tersebut berhasil meletakkan landasan dan insfrastruktur yang
baru guna mendukung pertumbuhan berdasarkan prinsip transparansi, tanggung
jawab, integritas dan profesionalisme.
3
Di tahun 2003, Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd mengakuisisi
Danamon, melalui konsorsium Fullerton Financial Holdings, anak perusahaan yang
dimiliki sepenuhnya oleh Temasek Holdings, dan Deutsche Bank AG yang merupakan pemegang
saham pengendali. Setelah melakukan evaluasi menyeluruh di bawah manajemen yang
baru, visi baru diluncurkan dan strategi baru dikembangkan dengan model bisnis
spesifik untuk masing-masing segmen pasar. Sejalan dengan arahnya yang baru,
pada tahun 2004 Danamon meluncurkan inisiatif Danamon Simpan Pinjam-nya, yang
merupakan bisnis perbankan mikro, serta melakukan diversifikasi ke bidang
kredit konsumer melalui akuisisi Adira Finance, salah satu perusahaan
pembiayaan otomotif terbesar di Indonesia. Inisiatif tersebut diikuti dengan
perluasan jaringan Danamon Simpan Pinjam di tahun 2005 serta akuisisi bisnis
American Express di Indonesia di tahun 2006 yang menempatkan Danamon sebagai
salah satu penerbit kartu terbesar di Indonesia.
Kini, Danamon
merupakan salah satu institusi finansial yang terbesar di Indonesia.
Didukung oleh lebih dari 50 tahun pengalaman, Danamon terus berupaya menjadi
bank yang “Bisa mewujudkan setiap keinginan nasabah” sesuai dengan brand
promise-nya. Per Desember 2009 Danamon merupakan bank keenam terbesar di
Indonesia dalam hal jumlah aset, keempat terbesar dalam jumlah kapitalisasi
pasar serta memiliki jaringan cabang kedua terbesar, yaitu hampir 1.900 kantor
cabang dan pusat pelayanan.
4
III. SEJARAH BRI(Bank Rakyat Indonesia)
Bank Rakyat Indonesia (BRI)
adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Pada
awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche
Hoofden atau "Bank Bantuan dan
Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto",
suatu lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia
(pribumi). tersebut berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan
sebagai Lembaga Hari kelahiran BRI.
Setelah kemerdekaan RI, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 1 tahun
1946 Pasal 1 disebutkan bahwa BRI adalah Bank Pemerintah pertama di Republik
Indonesia. Dalam mempertahankan kemerdekaan pada tahun 1948, kegiatan BRI
sempat terhenti untuk sementara waktu dan baru mulai aktif kembali setelah
perjanjian Renville pada tahun 1949 dengan nama Bank Rakyat Indonesia Serikat.
Pada saat itu melalui PERPU No. 41 tahun 1960 dibentuklah Bank Koperasi Tani
dan Nelayan (BKTN) yang merupakan peleburan dari BRI, Bank Tani Nelayan dan
Nederlandsche Maatschappij (NHM). Kemudian berdasarkan Penetapan Presiden
(Penpres) No. 9 tahun 1965, BKTN diintegrasikan ke dalam Bank Indonesia dengan
nama Bank Indonesia Urusan Koperasi Tani dan Nelayan.
Setelah 1 bulan,keluar Penpres No. 17 tahun 1965 tentang pembentukan
bank tunggal dengan nama Bank Negara Indonesia. Dalam ketentuan baru itu, Bank
Indonesia Urusan Koperasi, Tani dan Nelayan (eks BKTN) diintegrasikan dengan
nama Bank Negara Indonesia unit II bidang Rural, sedangkan NHM menjadi Bank
Negara Indonesia unit II bidang Ekspor Impor.
5
Berdasarkan UU No. 14 tahun 1967 tentang Undang-undang Pokok
Perbankan dan UU No. 13 tahun 1968 tentang UU Bank Sentral, yang intinya
mengembalikan fungsi Bank Indonesia sebagai Bank Sentral dan Bank Negara
Indonesia Unit II Bidang Rular dan Ekspor Impor dipisahkan masing-masing
menjadi dua Bank yaitu Bank Rakyat Indonesia dan Bank Ekspor Impor Indonesia.
Selanjutnya berdasarkan UU No. 21 tahun 1968 menetapkan kembali tugas-tugas
pokok BRI sebagai bank umum.
Sejak 1 Agustus 1992 berdasarkan UU Perbankan No. 7 tahun 1992 dan
PP RI No. 21 tahun 1992 status BRI berubah menjadi perseroan terbatas.
Kepemilikan BRI saat itu masih 100% di tangan Pemerintah Republik Indonesia.
Pada tahun 2003, Pemerintah Indonesia memutuskan untuk menjual 30% saham bank
ini, sehingga menjadi perusahaan publik dengan nama resmi PT. Bank Rakyat
Indonesia (Persero) Tbk., yang masih digunakan sampai dengan saat ini.
6
BAB(II)
HASIL PENGAMATAN BANK
(I)
·
BANK MANDIRI
Terdiri
dari:
4 org TELLER
2 perempuan
dan 2 laki-laki
6 org Customer Service (
2 org
satpam(laki-laki)
Seragam
Petugas BANK
Customer Service dan Teller
Perempuan:
Memakai baju
abu-abu dan jilbab kuning
Laki-laki:
Memakai baju
abu-abu
Satpam:
Memakai
baju berwarna putih
Fasilitas
yang ada di BANK
Ø Tempat parkir motor dan mobil
Ø TV
Ø Ruangan ber Ac
Ø Mesin ATM
Ø Toilet
7
(II)
·
BANK DANAMON
Terdiri
dari:
2 orang
TELLER(perempuan)
2 Customer
service(perempuan)
1 satpam(laki-laki)
Seragam
petugas BANK
Customer
service:Memakai baju/seragam berwarna hitam
Teller:Memakai
baju/seragam berwarna hitam
Fasilitas
yang ada di BANK:
Ø Tempat parkir motor dan mobil
Ø Tempat duduk bagi yang mengantri
Ø Ruangan ber AC
Ø Mesin ATM
8
(III)
·
BANK BRI(BANK
RAKYAT INDONESIA)
Terdiri
dari:
4 orang TELLER(perempuan)
3 Orang
satpam diluar dan didalam(laki-laki)
3 orang Customer service(perempuan)
1 Obey
Seragam
Petugas BANK
Customer service:memakai
seragam berwarna biru tua
Teller :memakai seragam berwarna biru tua
Satpam
:memakai seragam berwarna putih
Fasilitas
yang ada di BANK:
Ø Ruangan ber AC
Ø Tempat duduk bagi yang menunggu antrian
Ø TV
Ø Tempat Parkir mobil dan motor
Ø Tempat Cuci steam
9
BAB(III)
ANALISIS BROSUR
(I)
BROSUR BANK
MANDIRI
Mandiri debit bisnis
Mandiri debit bisnishadir sebagai fasilitas terbaru untuk
bisnis Anda.Dengan mudah,aman dan fleksibel mandiri
debit bisnis membantu memisahkan transaksi bisnis Anda.Nikmati kemidahan
bertransaksi di seluruh dunia dengan logo
VISA.
·
Tidak
Repot Dengan Uang Tunai
Kini Anda tidak lagi perlu
membawa uang tunai atau buku cek,cukup dengan mandiri debit bisnis kini Anda
dapat melakukun transakai bebas repot.
·
Keamanan
Bertransaksi
Dengan fasilitas keamanan berupa akses
menggunakan PIN untuk setiap transaksi di mandiri atm atau mandiri edc melalui
layanan mandiri debit bisnis,kini keamanan transaksi perbankan Anda makin
terjamin.
·
Kendali
Atas Pengeluaran Bisnis Anda
Dengan limit transaksi yang cukup
tinggi,Anda dapat melakukan pemayaran hanya dengan mandiri debit bisnis sesuai
dengan saldo yang Anda miliki.
·
Akses
Luas
Dapat di gunakan utuk bertransaksi di
seluruh mandiri atm,ATM berlogo Link,ATM berlogo ATM bersanma,ATM berlogo PRIMA
dan plus.
LINK ATM PRIMA PLUS
Dapat ai gunakan dimana saja untuk melakukan pembayaran
di lebih 10 ribu merchant di seluruh Indonesia dan di lebih dari 22 juta
merchant VISA di seluruh
dunia.
Nikmati layanan 24
jam melalui mandiri atm,mandiri
sms,mandiri internet dan mandiri call 14000 serta kemudian bertransaksi di
seluruh cabang Bank Mandiri.
10
·
Limit Transaksi Harian
Jenis Transaksi
|
Jenis Kartu
|
||
Gold
|
Platinum
|
Platinum khusus
|
|
ATM
|
|||
Tarik tunai
|
Rp.10 juta
|
Rp.10 juta
|
Rp.10 juta
|
Transfer antar rekening Mandiri
|
Rp.100 juta
|
Rp.200 juta
|
Sesuai saldo
|
Transfer ke rekening Bank lain
|
Rp. 25 juta
|
Rp. 25 juta
|
Rp. 25 juta
|
Pembayaran tagiha /pembelian
|
Rp.100 juta
|
Rp.100 juta
|
Rp.100 juta
|
EDC/MERCHANT
|
|||
Belanja
|
Rp.100 juta
|
Rp.200 juta
|
Sesuai saldo
|
Pembelian pulsa
|
Rp.50 juta
|
Rp.50 juta
|
Rp.50 juta
|
TARIK TUNAI di INDOMARET
|
Rp.500 ribu
|
Rp.500 ribu
|
Rp.500 ribu
|
TOP UP mandiri prabayar
|
Rp.10 juta
|
Rp.10 juta
|
Rp.10 juta
|
·
Biaya dan Masa Berlaku Kartu
Jenis biaya
|
Jenis kartu
|
||
Gold
|
Platinum
|
Platinum Khusus
|
|
Administrasi Kartu/bulan
|
Rp.10.000
|
Rp.10.000
|
Rp.10.000
|
Penggantian jenis kartu
|
Gratis
|
Gratis
|
Gratis
|
Penggantian kartu karena hilang atau rusak
|
Rp.15.000
|
Rp.15.000
|
Rp.15.000
|
Untuk pergantian kartu yang telah
habis masa berlaku,dapat dilakukan dengan membawa mandiri debit bisnis
Anda,buku tabungan bisnis dan bukti identitas diri.Pastikan Anda mengganti
kartu sebelum habis masa berlaku untuk menghindari kegagalan transaksi.Anda
bisa melakukan pergantian kartu di semua cabang BANK Mandiri tanpa dikenakan
biaya apapun.
Segera buka mandiri tabungan bisnis
dan nikmati fasilitas mandiri debit bisnis Anda
Transaksi apapun,MANDIRI SAJA!!!!!!
11
(II)
BROSUR
DANAMON
Transaksi di danamon Access Center
Seaman transaksi di Bank
Kini,Transaksi di Danamon Access Center Seaman Transaksi di Bank &
Nyaman 24jam
Keamanan Terjamin dengan
2 Kode Otentifikasi
·
Sandi rahasia(16
nomer Kartu Debit dan PIN Telepon).
·
Token(SMS atau
Perangkat Token).
Cara Mendapatkan
PIN Telepon
·
PIN Telepon akan
Anda dapatkan pada saat menerima Kartu Debit baru (baik nasabah baru ataupun
nasabah lama).
·
PIN Telepon juga
dapat dibuat langsung di mesin ATM Danamon dengan memilih menu pembuatan PIN
Telepon lalu aktifkan di cabang terdekat.
Cara Mendapatkan
Token
·
SMS Token
Aktivasi SMS token dapat dilakukan
di Mesin ATM dengan memilih menu Elektronik Banking dilanjutkan dengan memilih
menu DAC aktivasi Token.
·
Perangkat Token
Permintaan Perangkat Token dilakukan
dengan cara menghubungi Layanan Danamon Access Center.
Cara Menggunakan
Layanan Danamon Access Center
·
Hubungi Danamon
Access Center atau tekan 67777 dari Ponsel.
·
Mesin Penjawab
atau IVR(Interactive Voice Response) akan mengucapkan salam dan
menawarkan pilihan bahasa.
·
Jika Anda memilih
layanan yang berhubungan dengan transaksi finansial,Anda akan diminta untuk
memasukan sandi rahasia yaitu: 16 angka nomor Kartu Debit dan PIN Telepon dan
Kode Token.
·
Untuk transaksi
Non Finansial Anda cukup memasukan 16 angka nomor Kartu Debit dan PIN Telepon.
12
Jenis Transaksi Yang Dapat Dilakukan Melalui IVR Danamon Acces Center
1.Informasi Rekening.
2.Permintaan Mutasi Melalui Fax.
3.Layanan Transaksi:
-Transfer
Antar Rekening Bank Danamon.
-Tranfer
ke Bank Lain RTGS dan LLG.
-Registrasi
bill payment & mobile banking
4.Pembayaran dan Pembelian
A.Pembayaran
a.Pembayaran
Kartu Kredit
-Pembayaran
Kartu Kredit Bank Danamon.
-Pembayaran
Kartu Kredit American Express Bank.
-Pembayaran
Kartu Kredit Citibank.
-Pembayaran
Kartu Kredit ANZ Panin.
-Pembayaran
Kartu Kredit HSBC.
-Pembayaran
Kartu Kredit GE Money.
-Pembayaran
Kartu Kredit CIMB Niaga.
-Pembayaran
Kartu Kredit Permata.
-Pembayaran
Kartu Kredit BNI.
b.Pembayaran
Handphone (Indosat dan Telkomsel,3 pascabayar dan XL).
c.Pembayaran
Telkom.
d.Pembayaran
Listrik.
e.Pembayaran
Adira Insurance.
f.
Pembayaran Indovision.
g.
Pembayaran Pinjaman (Otomulti Artha,Summit Oto Finance).
B.Pembelian
Pembelian
Voucher (Telkomsel,Indosat & XL)
JANGAN BERITAHUKAN PIN
TELEPON
ANDA KEPADA SIAPAPUN
·
Bank Danamon
tidak akan pernah meminta PIN Telepin Anda.
·
Syarat dan ketentuan
Umum dapat dilihat di www.danamon.co.id atau
Anda dapat mengunjungi cabang terdekat.
Produk Terbaik PT Bank
Danamon Indonesia,Tbk. 13
(III)
BROSUR
BANK BRI
AYO KEBANK!!! BANK
BRI
Melayani
Dengan Setulus Hati
Transaksi
Perbankan Anda kini semakin mudah,dengan lebih dari 1.300 ATM BRI,yang siap
melayani Anda.Kunjungi ATM BRI terdekat untuk transaksi perbankan dan layanan
pembayaran lainya.Berbagai jenis layanan yang bisa Anda dapatkan di ATM BRI.
1.Informasi Saldo dan
Penarikan Tunai
Nikmati
kemudahan transaksi informasi saldo dan penarikan tunai melalui ATM BRI yang
tersebar di seluruh Indonesia serta di dukung oleh jaringan ATM Link,ATM
BERSAMA,ATM PRIMA,BANK CARD dan Cirrus di seluruh dunia.
2.Transfer Antar
Rekening
Anda
tidak perlu lagi antri di Kanca/KCP untuk keperluan transfer antar
rekening.Kunjungi ATM BRI terdekat untuk melakukan transfer antar rekening di
BRImaupun transfer antar bank yang tergabung dalam jaringan ATM BERSAMA dan
jaringan ATM PRIMA.
3.Pembayaran Tagihan/Bill
Payment
Berbagai jenis pembayaran dapat Anda
lakukan sekaligus di ATM BRI:
·
Pembayaran
listrik(Jakarta,Banten,Jabar,Jateng,Padang,Yogyakarta,Jatim).
·
Pembayaran
tagihan telepon rumah.
·
Pembayaran
tagihan telepon seluler:
>Kartu
Halo,Matrix,IM3,Flexi
·
Auto payment
tagihan PLN dan TELKOM
·
Pembayaran
tagihan bulanan TV berlangganan:
>Indovision,TOP
TV,Tren Mobille dan OKEVISION
·
Pembayaran
tagihan kartu kredit
>Bank
BRI,Citybank,HSBC,Standart Chartered,ANZ,ABN Amro.
·
Pembayaran Kredit
Tanpa Agunan/Personal Loan:
>Standard
Chartered,Citybank/Citi Finalcial,HSBC,ABN Amro.
·
Pembayaran angsuran
motor:
·
>FIF,BAF,SOF,Finansia,Verena 14
·
Pembayaran
Universitas:
>Universitas
Terbuka >Unpad
·
Pembayaran tiket on
line penerbangan:
>Garuda,Mandala
dan Lion Air
4.Pembelian Pulsa Isi Ulang
Untuk pengisian pulsa isi ulang cukup
gunakan ATM BRI maka keperluan isi ulang pulsa menjadi mudah.Jenis pulsa yang
dapat diisi ulang melalui ATM BRI antara lain:
Simpati,Mentari,XL,Kartu AS dan Star One
5.Registrasi e-Banking
Anda
dapat melakukan registrasi/aktivitas beberapa layanan electronic banking
BRI,antara lain:
·
Rgistrasi phone
Banking(Call BRI).
·
Registrasi SMS
Banking.
·
Registrasi Auto
payment.
6.Layanan Lainnya
·
Perubahan PIN.
Segera buka rekening Tabungan BRI
BritAma dan miliki BRI Card untuk dapat menggugakan layanan ATM BRI.
15
Bab
IV
.1
KESIMPULAN
Bank merupakan suatu lembaga keuangan yang menghimpun dana
dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya dalam bentuk kredit
atau dalam bentuk lain dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup orang
banyak. Dalam penerapannya, bank memberikan fasilitas dan jasa yang
berbeda-beda untuk melayani masyarakat. Di Indonesia terdapat banyak jenis
bank, salah satu diantaranya yaitu bank mandiri, bank danamon dan lain-lain.
16
.2 Penutup
Demikian, makalah
mengenai contoh jenis bank yang kami susun berdasarkan atas hasil pengamatan
yang kami lakukan dalam rangka mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
pembina kami. Kami menyadari makalah ini jauh dari kata sempurna.Oleh karena
itu, kami menerima kritik dan sarannya. Tetapi kami berharap agar
makalah yang kami susun bersama ini dapat memberikan manfaat.
17
Tidak ada komentar:
Posting Komentar