Assalamualaikum wr.wb Ahlan Wasahlan DiBlog AKTIVIS ROHIS

Senin, 19 Mei 2014

Makalah Ekonomi

 MAKALAH EKONOMI
 DISUSUN OLEH:
          >AHMAD AJI SANTOSO             >RANTI GEOTALIA
          >CITRA ANGRAINI                      >SITI SAFARIATUN
          >DEPI ANTORO                            >UKAD WAHYUDI
X2

SMA N 2 KOTABUMI
TP.2013/2014
                                                         

                                                                  
Kata pengantar
Marilah kita panjatkan puji syukur kepada ALLAH SWT atas  segala nikmat dan karunia yang dilimpahkan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan sempurna.
Makalah ini di susun agar siswa dapat mengetahaui pembelajaran ekonomi khususnya dalam BAB per-BANKAN.
Penyajian materi ini di desain agar memperkuat pamahaman konsep pembelajaran khususnya dalam pelajaran ekonomi di BAB per-BANKAN.
Kami menyadari bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna,oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan sarannya.Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca.

                       
                                               



                                                                                                          i

Daftar Isi
KATA PENGANTAR...........................................................................................i
BAB (I)
PENDAHULUAN
SEJARAH BANK
I.          BANK MANDIRI.....................................................................................1
II.        BANK DANAMON..................................................................................3
III.       BANK BRI..............................................................................................5
BAB(II)
HASIL PENGAMATAN
I.          BANK MANDIR.....................................................................................7
II.        BANK DANAMON.................................................................................8
III.       BANK BRI..............................................................................................9
BAB (III)
ANALISIS BROSUR
I.          BANK MANDIRI...................................................................................10
II.        BANK DANAMON................................................................................12
III.       BANK BRI............................................................................................14
BAB (IV)
KESIMPULAN................................................................................................16
PENUTUP......................................................................................................17







                                                                                                          ii

BAB (I)
PENDAHULUAN

I. SEJARAH BANK MANDIRI

Bank Mandiri berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank milik Pemerintah yaitu, Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia, bergabung menjadi Bank Mandiri.
Bank Dagang Negara merupakan salah satu Bank tertua di Indonesia. Sebelumnya Bank Dagang Negara dikenal sebagai Nederlandsch Indische Escompto Maatschappij yang didirikan di Batavia (Jakarta) pada tahun 1857. Pada tahun 1949 namanya berubah menjadi Escomptobank NV. Selanjutnya, pada tahun 1960 Escomptobank dinasionalisasi dan berubah nama menjadi Bank Dagang Negara, sebuah Bank pemerintah ynag membiayai sektor industri dan pertambangan.
Bank Bumi Daya didirikan melalui  suatu proses panjang yang bermula dari nasionalisasi sebuah perusahaan Belanda De Nationale Handelsbank NV, menjadi Bank Umum Negara pada tahun 1959. Pada tahun 1964, Chartered Bank (sebelumnya adalah Bank milik Inggris) juga dinasionalisasi, dan Bank Umum Negara diberi hak untuk melanjutkan operasi Bank tersebut. Pada tahun 1965, bank umum negara digabungkan  ke dalam Bank Negara Indonesia dan berganti nama menjadi Bank Negara Indonesia Unit IV beralih menjadi Bank Bumi Daya.                            

1
Sejarah Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim) berawal dari perusahaan dagang Belanda N.V.Nederlansche Handels Maatschappij yang didirikan pada tahun 1842 dan mengembangkan kegiatannya di sektor perbankan pada tahun 1870. Pemerintah Indonesia menasionalisasi perusahaan ini pada tahun 1960, dan selanjutnya pada tahun 1965 perusahan ini digabung dengan Bank Negara Indonesia  menjadi Bank Negara Indonesia Unit II. Pada tahun 1968 Bank Negara Indonsia Unit II dipecah menjadi dua unit, salah satunya adalah Bank Negara Indonesia Unit II Divisi Expor – Impor, yang akhirnya menjadi BankExim, bank Pemerintah yang membiayai kegiatan ekspor dan impor.
Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) berawal dari Bank Industri Negara (BIN), sebuah Bank Industri yang didirikan pada tahun1951. Misi Bank Industri Negara adalah mendukung  pengembangan sektor – sektor ekonomi tertentu, khususnya perkebunan, industri, dan pertambangan. Bapindo dibentuk sebagai bank milik negara pada tahun 1960 dan BIN kemudian digabung dengan Bank Bapindo. Pada tahun 1970, Bapindo ditugaskan untuk membantu pembangunan nasional melalui pembiayaan jangka menengah dan jangka panjang pada sektor manufaktur, transportasi dan pariwisata.
Kini, Bank Mandiri menjadi penerus suatu tradisi layanan jasa perbankan dan keuangan yang telah berpengalaman selama lebih dari 140 tahun. Masing-masing dari empat Bank bergabung memainkan peranan yang penting dalam pembangunan Ekonomi.



2

II. SEJARAH BANK DANAMON
Danamon didirikan pada tahun 1956 sebagai Bank Kopra Indonesia. Di tahun 1976 nama tersebut kemudian diubah menjadi PT Bank Danamon Indonesia. Di tahun 1988, Danamon menjadi bank devisa dan setahun kemudian mencatatkan diri sebagai perusahaan publik di Bursa Efek Jakarta.
Sebagai akibat dari krisis keuangan Asia di tahun 1998, pengelolaan Danamon dialihkan di bawah pengawasan Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) sebagai BTO (Bank Taken Over). Di tahun 1999, Pemerintah Indonesia melalui BPPN, melakukan rekapitalisasi sebesar Rp32,2 triliun dalam bentuk obligasi pemerintah. Sebagai bagian dari program restrukturisasi, di tahun yang sama PT Bank PDFCI, sebuah BTO yang lain, dilebur menjadi bagian dari Danamon. Kemudian di tahun 2000, delapan BTO lainnya (Bank Tiara, PT Bank Duta Tbk, PT Bank Rama Tbk, PT Bank Tamara Tbk, PT Bank Nusa Nasional Tbk, PT Bank Pos Nusantara, PT Jayabank International dan PT Bank Risjad Salim Internasional) dilebur ke dalam Danamon. Sebagai bagian dari paket merger tersebut, Danamon menerima program rekapitalisasinya yang kedua dari Pemerintah melalui injeksi modal sebesar Rp28,9 triliun. Sebagai surviving entity, Danamon bangkit menjadi salah satu bank swasta terbesar di Indonesia.
Selanjutnya, Danamon terus melakukan upaya restrukturisasi yang mencakup aspek manajemen, karyawan, organisasi, sistem, dan identitas perusahaan. Upaya tersebut berhasil meletakkan landasan dan insfrastruktur yang baru guna mendukung pertumbuhan berdasarkan prinsip transparansi, tanggung jawab, integritas dan profesionalisme.


3
Di tahun 2003, Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd mengakuisisi Danamon, melalui konsorsium Fullerton Financial Holdings, anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Temasek Holdings, dan Deutsche Bank AG yang merupakan pemegang saham pengendali. Setelah melakukan evaluasi menyeluruh di bawah manajemen yang baru, visi baru diluncurkan dan strategi baru dikembangkan dengan model bisnis spesifik untuk masing-masing segmen pasar. Sejalan dengan arahnya yang baru, pada tahun 2004 Danamon meluncurkan inisiatif Danamon Simpan Pinjam-nya, yang merupakan bisnis perbankan mikro, serta melakukan diversifikasi ke bidang kredit konsumer melalui akuisisi Adira Finance, salah satu perusahaan pembiayaan otomotif terbesar di Indonesia. Inisiatif tersebut diikuti dengan perluasan jaringan Danamon Simpan Pinjam di tahun 2005 serta akuisisi bisnis American Express di Indonesia di tahun 2006 yang menempatkan Danamon sebagai salah satu penerbit kartu terbesar di Indonesia.
Kini, Danamon merupakan salah satu institusi finansial yang terbesar di Indonesia. Didukung oleh lebih dari 50 tahun pengalaman, Danamon terus berupaya menjadi bank yang “Bisa mewujudkan setiap keinginan nasabah” sesuai dengan brand promise-nya. Per Desember 2009 Danamon merupakan bank keenam terbesar di Indonesia dalam hal jumlah aset, keempat terbesar dalam jumlah kapitalisasi pasar serta memiliki jaringan cabang kedua terbesar, yaitu hampir 1.900 kantor cabang dan pusat pelayanan.







4

 

III. SEJARAH BRI(Bank Rakyat Indonesia)

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau "Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto", suatu lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi). tersebut berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai Lembaga Hari kelahiran BRI.
Setelah kemerdekaan RI, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 1 tahun 1946 Pasal 1 disebutkan bahwa BRI adalah Bank Pemerintah pertama di Republik Indonesia. Dalam mempertahankan kemerdekaan pada tahun 1948, kegiatan BRI sempat terhenti untuk sementara waktu dan baru mulai aktif kembali setelah perjanjian Renville pada tahun 1949 dengan nama Bank Rakyat Indonesia Serikat. Pada saat itu melalui PERPU No. 41 tahun 1960 dibentuklah Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN) yang merupakan peleburan dari BRI, Bank Tani Nelayan dan Nederlandsche Maatschappij (NHM). Kemudian berdasarkan Penetapan Presiden (Penpres) No. 9 tahun 1965, BKTN diintegrasikan ke dalam Bank Indonesia dengan nama Bank Indonesia Urusan Koperasi Tani dan Nelayan.
Setelah 1 bulan,keluar Penpres No. 17 tahun 1965 tentang pembentukan bank tunggal dengan nama Bank Negara Indonesia. Dalam ketentuan baru itu, Bank Indonesia Urusan Koperasi, Tani dan Nelayan (eks BKTN) diintegrasikan dengan nama Bank Negara Indonesia unit II bidang Rural, sedangkan NHM menjadi Bank Negara Indonesia unit II bidang Ekspor Impor.




5
Berdasarkan UU No. 14 tahun 1967 tentang Undang-undang Pokok Perbankan dan UU No. 13 tahun 1968 tentang UU Bank Sentral, yang intinya mengembalikan fungsi Bank Indonesia sebagai Bank Sentral dan Bank Negara Indonesia Unit II Bidang Rular dan Ekspor Impor dipisahkan masing-masing menjadi dua Bank yaitu Bank Rakyat Indonesia dan Bank Ekspor Impor Indonesia. Selanjutnya berdasarkan UU No. 21 tahun 1968 menetapkan kembali tugas-tugas pokok BRI sebagai bank umum.
Sejak 1 Agustus 1992 berdasarkan UU Perbankan No. 7 tahun 1992 dan PP RI No. 21 tahun 1992 status BRI berubah menjadi perseroan terbatas. Kepemilikan BRI saat itu masih 100% di tangan Pemerintah Republik Indonesia. Pada tahun 2003, Pemerintah Indonesia memutuskan untuk menjual 30% saham bank ini, sehingga menjadi perusahaan publik dengan nama resmi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., yang masih digunakan sampai dengan saat ini.












6
BAB(II)
HASIL PENGAMATAN BANK
(I)
·      BANK MANDIRI

Terdiri dari:
4 org TELLER
2 perempuan dan 2 laki-laki
6 org Customer Service (
2 org satpam(laki-laki)

Seragam Petugas BANK
Customer Service dan Teller
Perempuan:
Memakai baju abu-abu dan jilbab kuning
Laki-laki:
Memakai baju abu-abu
Satpam:
Memakai baju berwarna putih

Fasilitas yang ada di BANK
Ø  Tempat parkir motor dan mobil
Ø  TV
Ø  Ruangan ber Ac
Ø  Mesin ATM
Ø  Toilet





                                                                                                                                                                                7
(II)



·         BANK DANAMON



Terdiri dari:
2 orang TELLER(perempuan)
2 Customer service(perempuan)
1 satpam(laki-laki)


Seragam petugas BANK

Customer service:Memakai baju/seragam berwarna hitam

Teller:Memakai baju/seragam berwarna hitam



Fasilitas yang ada di BANK:

Ø  Tempat parkir motor dan mobil
Ø  Tempat duduk bagi yang mengantri
Ø  Ruangan ber AC
Ø  Mesin ATM




                                                                                                                                                                                                                  8
(III)
·      BANK BRI(BANK RAKYAT INDONESIA)
Terdiri dari:
4 orang TELLER(perempuan)
3 Orang satpam diluar dan didalam(laki-laki)
3 orang Customer service(perempuan)
1 Obey

Seragam Petugas BANK
Customer service:memakai seragam berwarna biru tua
Teller                            :memakai seragam berwarna biru tua
Satpam        :memakai seragam berwarna putih

Fasilitas yang ada di BANK:
Ø  Ruangan ber AC
Ø  Tempat duduk bagi yang menunggu antrian
Ø  TV
Ø  Tempat Parkir mobil dan motor
Ø  Tempat Cuci steam 





                                                                                                                                                                                        9
BAB(III)
ANALISIS BROSUR
(I)
BROSUR BANK MANDIRI
Mandiri debit bisnis
Mandiri debit bisnishadir sebagai fasilitas terbaru untuk bisnis Anda.Dengan mudah,aman dan fleksibel mandiri debit bisnis membantu memisahkan transaksi bisnis Anda.Nikmati kemidahan bertransaksi di seluruh dunia dengan logo VISA.
·         Tidak Repot Dengan Uang Tunai
                Kini Anda tidak lagi perlu membawa uang tunai atau buku cek,cukup dengan mandiri debit bisnis kini Anda dapat melakukun transakai bebas repot.
·         Keamanan Bertransaksi
         Dengan fasilitas keamanan berupa akses menggunakan PIN untuk setiap transaksi di mandiri atm atau mandiri edc melalui layanan mandiri debit bisnis,kini keamanan transaksi perbankan Anda makin terjamin.
·         Kendali Atas Pengeluaran Bisnis Anda
         Dengan limit transaksi yang cukup tinggi,Anda dapat melakukan pemayaran hanya dengan mandiri debit bisnis sesuai dengan saldo yang Anda miliki.
·         Akses Luas
         Dapat di gunakan utuk bertransaksi di seluruh mandiri atm,ATM berlogo Link,ATM berlogo ATM bersanma,ATM berlogo PRIMA dan plus.
         LINK                      ATM                PRIMA                      PLUS

Dapat ai gunakan dimana saja untuk melakukan pembayaran di lebih 10 ribu merchant di seluruh Indonesia dan di lebih dari 22 juta merchant VISA  di seluruh dunia.
Nikmati layanan 24 jam melalui mandiri atm,mandiri sms,mandiri internet dan mandiri call 14000 serta kemudian bertransaksi di seluruh cabang Bank Mandiri.
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  10
·         Limit Transaksi Harian
Jenis Transaksi
Jenis Kartu
Gold
Platinum
Platinum khusus
ATM



Tarik tunai
Rp.10 juta
Rp.10 juta
Rp.10 juta
Transfer antar rekening Mandiri
Rp.100 juta
Rp.200 juta
Sesuai saldo
Transfer ke rekening Bank lain
Rp. 25 juta
Rp. 25 juta
Rp. 25 juta
Pembayaran tagiha /pembelian
Rp.100 juta
Rp.100 juta
Rp.100 juta
EDC/MERCHANT



Belanja
Rp.100 juta
Rp.200 juta
Sesuai saldo
Pembelian pulsa
Rp.50 juta
Rp.50 juta
Rp.50 juta
TARIK TUNAI di INDOMARET
Rp.500 ribu
Rp.500 ribu
Rp.500 ribu
TOP UP mandiri prabayar
Rp.10 juta
Rp.10 juta
Rp.10 juta


·         Biaya dan Masa Berlaku Kartu
Jenis biaya
Jenis kartu
Gold
Platinum
Platinum Khusus
Administrasi Kartu/bulan
Rp.10.000
Rp.10.000
Rp.10.000
Penggantian jenis kartu
Gratis
Gratis
Gratis
Penggantian kartu karena hilang atau rusak
Rp.15.000
Rp.15.000
Rp.15.000

Untuk pergantian kartu yang telah habis masa berlaku,dapat dilakukan dengan membawa mandiri debit bisnis Anda,buku tabungan bisnis dan bukti identitas diri.Pastikan Anda mengganti kartu sebelum habis masa berlaku untuk menghindari kegagalan transaksi.Anda bisa melakukan pergantian kartu di semua cabang BANK Mandiri tanpa dikenakan biaya apapun.

Segera buka mandiri tabungan bisnis dan nikmati fasilitas mandiri debit bisnis Anda

Transaksi apapun,MANDIRI SAJA!!!!!!

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  11
(II)
BROSUR DANAMON


Transaksi di danamon Access Center

Seaman transaksi di Bank

Kini,Transaksi di Danamon Access Center Seaman Transaksi di Bank & Nyaman 24jam

Keamanan Terjamin dengan 2 Kode Otentifikasi
·         Sandi rahasia(16 nomer Kartu Debit dan PIN Telepon).
·         Token(SMS atau Perangkat Token).
Cara Mendapatkan PIN Telepon
·         PIN Telepon akan Anda dapatkan pada saat menerima Kartu Debit baru (baik nasabah baru ataupun nasabah lama).
·         PIN Telepon juga dapat dibuat langsung di mesin ATM Danamon dengan memilih menu pembuatan PIN Telepon lalu aktifkan di cabang terdekat.

Cara Mendapatkan Token
·         SMS Token
Aktivasi SMS token dapat dilakukan di Mesin ATM dengan memilih menu Elektronik Banking dilanjutkan dengan memilih menu DAC aktivasi Token.
·         Perangkat Token
Permintaan Perangkat Token dilakukan dengan cara menghubungi Layanan Danamon Access Center.

Cara Menggunakan Layanan Danamon Access Center
·         Hubungi Danamon Access Center atau tekan 67777 dari Ponsel.
·         Mesin Penjawab atau IVR(Interactive Voice Response) akan mengucapkan salam dan menawarkan pilihan bahasa.
·         Jika Anda memilih layanan yang berhubungan dengan transaksi finansial,Anda akan diminta untuk memasukan sandi rahasia yaitu: 16 angka nomor Kartu Debit dan PIN Telepon dan Kode Token.
·         Untuk transaksi Non Finansial Anda cukup memasukan 16 angka nomor Kartu Debit dan PIN Telepon.
12
Jenis Transaksi Yang Dapat Dilakukan Melalui IVR Danamon Acces Center


1.Informasi Rekening.
2.Permintaan Mutasi Melalui Fax.
3.Layanan Transaksi:
                -Transfer Antar Rekening Bank Danamon.
                -Tranfer ke Bank Lain RTGS dan LLG.
                -Registrasi bill payment & mobile banking
4.Pembayaran dan Pembelian
                A.Pembayaran
                                a.Pembayaran Kartu Kredit
                                                -Pembayaran Kartu Kredit Bank Danamon.
                                                -Pembayaran Kartu Kredit American Express Bank.
                                                -Pembayaran Kartu Kredit Citibank.
                                                -Pembayaran Kartu Kredit ANZ Panin.
                                                -Pembayaran Kartu Kredit HSBC.
                                                -Pembayaran Kartu Kredit GE Money.
                                                -Pembayaran Kartu Kredit CIMB Niaga.
                                                -Pembayaran Kartu Kredit Permata.
                                                -Pembayaran Kartu Kredit BNI.
                                b.Pembayaran Handphone (Indosat dan Telkomsel,3 pascabayar                                                  dan XL).
                                c.Pembayaran Telkom.
                                d.Pembayaran Listrik.
                                e.Pembayaran Adira Insurance.
                                f. Pembayaran Indovision.
                                g. Pembayaran Pinjaman (Otomulti Artha,Summit Oto Finance).
                B.Pembelian
                                Pembelian Voucher (Telkomsel,Indosat & XL)

JANGAN BERITAHUKAN PIN TELEPON
 ANDA KEPADA SIAPAPUN
·         Bank Danamon tidak akan pernah meminta PIN Telepin Anda.
·         Syarat dan ketentuan Umum dapat dilihat di www.danamon.co.id atau Anda dapat mengunjungi cabang terdekat.



Produk Terbaik PT Bank Danamon Indonesia,Tbk.                                         13
(III)
BROSUR BANK BRI

AYO KEBANK!!!                                                                                                        BANK BRI
                                                                                                                         Melayani Dengan Setulus Hati





Transaksi Perbankan Anda kini semakin mudah,dengan lebih dari 1.300 ATM BRI,yang siap melayani Anda.Kunjungi ATM BRI terdekat untuk transaksi perbankan dan layanan pembayaran lainya.Berbagai jenis layanan yang bisa Anda dapatkan di ATM BRI.



1.Informasi Saldo dan Penarikan Tunai
         Nikmati kemudahan transaksi informasi saldo dan penarikan tunai melalui ATM BRI yang tersebar di seluruh Indonesia serta di dukung oleh jaringan ATM Link,ATM BERSAMA,ATM PRIMA,BANK CARD dan Cirrus di seluruh dunia.
2.Transfer Antar Rekening
         Anda tidak perlu lagi antri di Kanca/KCP untuk keperluan transfer antar rekening.Kunjungi ATM BRI terdekat untuk melakukan transfer antar rekening di BRImaupun transfer antar bank yang tergabung dalam jaringan ATM BERSAMA dan jaringan ATM PRIMA.
3.Pembayaran Tagihan/Bill Payment
Berbagai jenis pembayaran dapat Anda lakukan sekaligus di ATM BRI:
·         Pembayaran listrik(Jakarta,Banten,Jabar,Jateng,Padang,Yogyakarta,Jatim).
·         Pembayaran tagihan telepon rumah.
·         Pembayaran tagihan telepon seluler:
                 >Kartu Halo,Matrix,IM3,Flexi
·         Auto payment tagihan PLN dan TELKOM
·         Pembayaran tagihan bulanan TV berlangganan:
                 >Indovision,TOP TV,Tren Mobille dan OKEVISION
·         Pembayaran tagihan kartu kredit
                 >Bank BRI,Citybank,HSBC,Standart Chartered,ANZ,ABN Amro.
·         Pembayaran Kredit Tanpa Agunan/Personal Loan:
                 >Standard Chartered,Citybank/Citi Finalcial,HSBC,ABN Amro.
·         Pembayaran angsuran motor:
·         >FIF,BAF,SOF,Finansia,Verena                                                                                   14

·         Pembayaran Universitas:
                 >Universitas Terbuka                     >Unpad
·         Pembayaran tiket on line penerbangan:
                 >Garuda,Mandala dan Lion Air

4.Pembelian Pulsa Isi Ulang
          Untuk pengisian pulsa isi ulang cukup gunakan ATM BRI maka keperluan isi ulang pulsa menjadi mudah.Jenis pulsa yang dapat diisi ulang melalui ATM BRI antara lain:  Simpati,Mentari,XL,Kartu AS dan Star One

5.Registrasi e-Banking
                 Anda dapat melakukan registrasi/aktivitas beberapa layanan electronic banking BRI,antara lain:
·         Rgistrasi phone Banking(Call BRI).
·         Registrasi SMS Banking.
·         Registrasi Auto payment.
6.Layanan Lainnya
·         Perubahan PIN.
Segera buka rekening Tabungan BRI BritAma dan miliki BRI Card untuk dapat menggugakan layanan ATM BRI.






                                                                                                                                               








15




Bab IV


.1 KESIMPULAN
Bank merupakan suatu lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya dalam bentuk kredit atau dalam bentuk lain dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup orang banyak. Dalam penerapannya, bank memberikan fasilitas dan jasa yang berbeda-beda untuk melayani masyarakat. Di Indonesia terdapat banyak jenis bank, salah satu diantaranya yaitu bank mandiri, bank danamon dan lain-lain.




16



.2 Penutup

Demikian, makalah mengenai contoh jenis bank yang kami susun berdasarkan atas hasil pengamatan yang kami lakukan dalam rangka mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru pembina kami. Kami menyadari makalah ini jauh dari kata sempurna.Oleh karena itu, kami menerima kritik dan sarannya. Tetapi kami berharap agar makalah yang kami susun bersama ini dapat memberikan manfaat.











17



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"DAKWAH" Ok!!! "KHALWAT"No!!!